Cara Membuat Format Penilaian Otomatis Dengan Microsoft Office Excel

Untuk Bapak/Ibu Guru daftar nilai merupakan hal yang penting. Daftar nilai digunakan untuk menyimpan nilai-nilai siswa yang merupakan salah satu indikator sejauh mana ilmu dapat diserap siswa. Dengan bantuan Microsoft Excel untuk mengolah nilai bisa menjadi lebih cepat. Disamping itu dengan menggunakan Microsoft Excel tabel-tabel juga bisa dibuat lebih mudah sehingga print out daftar nilai menjadi lebih rapi. Pada kesempatan ini izinkan saya untuk mencoba membuat bagaimana cara membuat tabel daftar nilai di excel dari awal bagi Bapak/Ibu Guru yang belum familiar dengan ecxel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentu saja buka aplikasi microsoft excel, disini saya masih memakai excel 2007

2. Buat Judul Daftar Nilai, saya akan membuat Daftar Nilai UTS
Menmbuat daftar nilai di excel

3. Selanjutnya buat untuk kolom: Nomor, Nama Siswa,Nilai Mata Pejaran, Jumlah, Rata-rata, Dan Peringkat. Pada kolom mata pelajaran dibuat sub kolom Mapel > KKM  - Nilai sebagai berikut

membuat border pada excel

4. Rapihkan kolom, dengan menyesuaikan lebar kolom. Gabungkan juga beberapa kolom atau baris.

menggambungkan kolom pada excel jadi satu

5. Buat Rata tengah

Perataan tengan pada excel

6. Selanjutnya kita beri border, dan sudah terlihat tabel daftar nilai,

memblok lalu pilih border

7. Lalu kita buat rumus untuk mengolah atau formula untuk menghitung nilai.

 a) Dimulai dari rata-rata nilai mulok, kebetulan ditempat saya nilai mulok dirata-rata.
    - Letakan posisi kursor pada cels w12 kemudian masukan rumus =(t12+v2)/2 kemudian enter. Bisa juga dengan menulis t12 atau nama cels dengan mengklik lokasi cellsnya. Tulis =( ---> 
klik cel t12 --->tulis tanda + ---> klik pada cels v2 ---> tulis tanda )/2 ---> kemudian tekan enter.
memasukan rumus rata-rata pada cells

- kemudian kopikan rumus sampai bawah, dengan cara mendrag/ klik geser pada anda +  (tanda plus), letaknya pada pojok kanan bawah pada kotak cels yang dipilih, seperti gambar berikut

drag rumus ke bawah

b) Rumus nilai jumlah. Untuk menulis rumus selalu diawali dengan tanda =, tulis = kemudian pilih cells yang akan dijumlah dengan menkliknya lalu beri tanda +, lanjutkan hingga semua cells terpilih, lanjut tekan enter. Kemudian kopikan sampai bawah dengan cara sama seperti di atas tadi.
menjumlah nilai dengan rumus excel


c) Rumus rata-rata adalah Jumlah nilai dibagi jumlah mapel, disini jumlah mapel ada sembilan karena mulok dijadikan satu. 
menentukan rata-rata daftar nilai
d) Keterangan kita isi saja dengan peringkat atau ranking, rumusnya adalah =RANK(X12;$X$12:$X$51;0) . Kemudian kopi kebawah

merangkin nilai siswa di excel

---> =rank adalah rumus ranking
---> x12 adalah sel jumlah nilai siswa yang dipilih
----> $X$12:$X$51 adalah range data seluruh siswa yang di kunci
---> Maksudnya dikunci adalah range tersebut tidak berubah, caranya dengan menambahkan tanda dolar, atau bisa juga selelah range di pilih dengan memblok range yang dimaksud, kemudian tekan tombol F4


8. Dibagian bawah daftar nilai biasanya kita menghitung jumlah, rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah.
nilai teredah teringgi dan jumlah nilai

a) Rumus nilai jumlah adalah =sum(range) disini adalah =SUM(D12:D51)

b) Rumus nilai rata-rata adalah =average(range) disini adalah =AVERAGE(D12:D51)
c) Rumus nilai tertinggi =Max(D12:D51)
d) Rumus nilai terendah =MIN(D12:D51)

9. Kopikan Rumus ke samping, lalau hapus pada kolom KKM satu-persatu,

menhapus pada cells excel yang tidak digunakan
Daftar nilai menggunakan format excel
Previous
Next Post »
Thanks for your comment