Tutorial Corel Draw : Cara Membuat Masker Pada Animasi

Masker dalam manga biasanya digunakan oleh karakter dengan profesi tertentu seperti ninja, dokter, dan tidak jarang juga karakter penjahat. Masker itu sendiri bagi profesi yang seperti ninja maupun penjahat umumnya berfungsi untuk menutup wajah hingga kecil kemungkinan untuk dikenali. Sedangkan bagi profesi dokter atau perawat, masker berfungsi untuk mencegah menyebarnya bakteri ke pasien. Berbeda lagi dengan di Indonesia, masker berfungsi untuk mencegah debu masuk ke mulut saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor, hehehe. Dalam tutorial kali ini akan dijelaskan pembuatan masker seperti yang digunakan kakashi dalam manga naruto.
1. Agar tidak repot membuat sebuah objek masker dengan bezier tool, kita gunakan saja objek wajah yang sudah jadi. Maka dari itu persiapkan terlebih dahulu wajah karakter yang ingin kita buat maskernya.
1. wajah manga dan anime yang dibuat dengan coreldraw
2. Buat sebuah lingkaran dengan ellipse tool. Letakkan dibagian dagu dan pipi dari karakter. Pastikan agar lingkaran tidak melebihi telinga bagian bawah karakter.
2. lingkaran awal masker
3. Seleksi lingkaran dan objek wajah. Objek wajah saja ya, tidak termasuk rambut dan organ lainnya. Jika wajah dalam keadaan satu group dengan organ wajah lainnya, klik kanan pada objek wajah lalu pilih Ungroup All.
Setelah terseleksi, klik menu Arrange >> Shaping >> Intersect. Akan tercipta objek baru dari objek yang bertumpang tindih tersebut. Hapus objek lingkaran.
3. intersect di coreldraw
4. Klik objek yang baru kita buat tadi kemudian tekan F10. Atur lekukan objek tersebut dibagian hidung dan pipi agar terlihat sebuah gunung.
4. pengaturan lakukan garis di coreldraw
5. Beri masker tersebut warna hitam 80%.
5. cara membuat masker manga dan anime dengan coreldraw
6. Sebagai tambahan, beri sedikit detail pada bagian hidung. Kali ini kita menggunakan bezier tool. Buat sebuah objek yang mirip dengan segitiga, beri warna hitam 90% kemudian hilangkan outlinenya.
6. bayangan hidung
7. Sisipkan objek bayangan hidung tersebut di bagian tengah atas masker. Jadi sudah objek masker ini.
7. cara membuat karakter manga dan anime yang menggunakan masker
8. Anda juga dapat membuat karakter manga dengan masker yang hampir full wajah. Teknik yang digunakan sama saja dengan pembuatan masker ini.
8. pembuatan karakter anime dan manga full masker
Untuk Referensi dan pembelajaran, berikut Penulis sediakan link download terhadap gambar diatas.

Download (CDR)

Download (SVG)

SVG Adalah versi vector yang bisa dibuka di berbagai aplikasi drawing seperti Adobe Illustrator, Inkscape, dll.
Silahkan tulis di kolom komentar jika link tidak berjalan ataupun tidak berlaku lagi.
Tulis juga jika file yg Anda download tidak kompatibel dengan CorelDraw yang kalian/pembaca punya saat ini.
Salah satu karakter pengguna masker. Kakashi dari manga Naruto.
9. kakashi hatake
Download Vektor Kakashi Naruto.

Download (CDR)

Download (SVG)


Sumber Artikel : citoela.wordpress.com
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »